Sunday, February 13, 2011

Instal Booting Linux & Windows


Sempat kesel nih… gara2 virus melanda my windows akhirnya saya harus instal ulang windows, yah cara ini lumyan manjur daripada bobrok semua file. Hapus bersih dengan cara cepat, yah menurut saya instal ulang adalah pilihan terbaiknya. Karena Windows 7 saya di instal ulang, padahal sebelumnya saya bekerja dengan dua OS, Linux dan Windows, akhirnya saya sama sekali tidak bisa load ke Linux kecuali pakai Live CD.

Wah sangat merepotkan. Apalagi kalau CD Linux saya sudah kusem dan "beret-beret (bhs.jawa)" karena sering kena gesekan, maklum punya anak kecil… apa-apa direbut. Harus saya cari cara lain nih… dan pasti ada cara itu mesti belum saya temukan…. lamaaaa… sekali cari-cari… padahal baru seminggu…. istirahat deh…

eh lah dalah… ada problem lagi my lepi… Pascal ku gak bisa jalan d win 64bit… mupeng terus deh… mata melotot…. pedes banget…. baca terus bantuan bah google…

E…e…e…karena sering berkutat minta informasi dari mbah google… (jadi inget gaya laporan pas prajab…' Minta Informasi….') aku menemukannya… jurus jitu yang menolong dan memudahkanku… Alhamdulillah..
I found it….NeoSmart Technologies. produk neosmart yang free dan mudah. Filenya ringan, jadi mudah di download. EasyBSD dapat Anda download disini. Dengan EasyBCD Anda dapat memilih first boot dengan Windows atau Linux. Kalau Anda kehilangan grub, file boot Linux juga dapat dengan mudah di instal melalui EasyBCD. Jangan khawatir jika Anda tidak familiar dengan kode/ script Linux, EasyBCD hanya meminta Anda untuk memilih apa yang akan Anda lakukan.

Langkah pertama, download EasyBSD disini.
Kemudian Instal di komputer Anda
Jalankan EasyBCD dan pilih menu "Add New Entry" untuk menginstal booting Linux, Pilih Tab Linux/BSD pada pilihan Operating Systems, seperti gambar berikut ini.


Setelah memilih Type "Grub", Pilih tempat partisi dimana file booting akan diinstal pada bagian Device. Jangan lupa juga memberi tanda centang GRIB isn't installed to MBR/ Bootsector

Setelah selesai menambah booting linux, Anda dapat juga memilih booting mana yang otomatis di load pertama kali sebagai default. untuk memilihnya silakan klik di bagian Toolbox Edit Boot Menu.

Terus kalau mau instal windows dari Flashdisk apa bisa juga lewat EasyBCD?

Benar sekali, file ISO windows dari flashdisk bisa kita load juga lewat menu Add New Entry. Gak percaya? silakan coba dulu deh…

semoga bermanfaat…

No comments:

Post a Comment